Pemanfaatan Media Pembelajaran Quizizz
Pemanfaatan
Media Pembelajaran Quizizz
Oleh
Winarti, S.Pd
Perkembangan
dunia pendidikan menuntut setiap pendidik untuk terus belajar bagaimana
menciptakan proses pembelajaran yang menarik bagi para peserta didik. Salah
satunya sekarang banyak aplikasi yang di sediakan oleh media internet. Peserta
didik di era sekarang sangat berbeda dengan siswa pada jaman dahulu, di era
1990 an siswa belum mengenal yang namanya alat komunikasi digital seperti
handphone jadi mereka belajar masih bisa terfokus pada buku pelajaran mereka.
Berbeda dengan sekarang siswa banyak terfokus dengan handphone atau bisa di
sebut sebagai generasi android. Maka dari itu sebagai pendidik harus mempunyai
trik atau cara bagaimana menciptakan pembelajaran yang menarik sesuai apa yang
menjadi minat bagi peserta didik, yaitu bagaimana memanfaatkan handphone
sebagai media menarik untuk kegiatan pembelajaran.
Evaluasi
Pembelajaran merupakan sarana untuk mengukur kompetensi peserta didik
dengan ketercapaian tujuan pembelajaran
yang sudah di tetapkan. Evaluasi pembelajaran Salah satu cara yang dapat
dilakukan untuk mengetahui hasil yang telah dicapai oleh pendidik dalam proses
pembelajaran adalah melalui evaluasi, baik evaluasi hasil belajar maupun
evaluasi pembelajaran. Ketika proses pembelajaran dipandang sebagai proses
perubahan tingkah laku siswa, peran evaluasi dan penilaian dalam proses
pembelajaran menjadi sangat penting. Penilaian dalam proses pembelajaran
merupakan proses untuk mengumpulkan, menganalisis, dan menginterpretasi
informasi untuk mengetahui tingkat pencapaian tujuan pembelajaran. Jadi,
evaluasi pembelajaran adalah proses mengumpulkan, menganalisis, dan
menginterpretasi informasi secara sistematis untuk menetapkan ketercapaian
tujuan pembelajaran. Tujuannya adalah untuk menghimpun informasi yang dijadikan
dasar untuk mengetahui taraf kemajuan, perkembangan, dan pencapaian belajar
siswa, serta keefektifan pengajaran guru.
Media
game edukasi quizizz adalah suatu aplikasi pendidikan yang berupa media
pembelajaran berbasis game yang dapat dijadikan sebagai media pembelajaran
sebagai penyampaian informasi dan komunikasi guru kepada peserta didik. Dengan
menggunakan media game edukasi quizizz diharapkan dapat memotivasi peserta
didik dalam belajar. Pada media quizizz ini sudah tersedia berbagai macam tipe
soal dari berbagai cabang ilmu. Bagi para pendidik juga bisa membuat akun
sendiri dan membuat soal sendiri untuk di berikan kepada peserta didiknya. Para
pendidik yang belum membuat soal untuk evaluasi pembelajaran anak bisa memilih
soal dari media quizizz ini. Aplikasi quizizz bisa mejadi referensi bank soal
bagi para pendidik setiap saat.
a. Keuntungan
dari media quizizz sebagai berikut :
1.
Nilai dapat segera muncul setelah
permainan game edukasi tersebut selesai dimainkan peserta didik, jadi guru
tidak perlu capek untuk mengoreksi pekerjaan siswa
2.
Guru bisa memanfaatkan soal-soal yang
ada di aplikasi quizizz untuk pretest sehingga lsg bisa mengetahui kemampuan
dasar siswa sebelum memulai pembelajaran
3.
Game edukasi quizizz di design secara menarik
sehingga siwa tidak bosan dalam mengerjakan tigas yang di berikan oleh guru.
4.
Penggunaan aplikasi ini sangat mudah
cukup dengan mengeshare link quizizz peserta dalam memainkannya tinggal
mengeklik link tersebut.
b. Kelemahan
dari media quizizz sebagai berikut :
1. Media
pembelajaran tidak bisa dimainkan secara offline, sehingga peserta didik harus
menyediakan kuota internet lebih untuk memainkan aplikasi tersebut.
2. Permainan
quizizz tergantung oleh jaringan internet, sehingga apabila sekolah berada di
daerah terpencil yang sinyal internetnya belum ada tidak bisa mengaksess
aplikasi tersebut.
Demikian sekilas pembahasan saya tentang
aplikasi quizizz semoga Bapak/Ibu Guru bisa memanfaatkan aplikasi game ini
sebagai media pembejaran bagi anak didik kita. Terimakasih